Part #2 Menentukan Target Pasar


Saya harap Anda sudah membaca artikel saya yang ini: Persiapan Awal Berbisnis , karena artikel ini merupakan rangkaian dari artikel tersebut, ok, pagi Anda yang sudah membaca part #1, kita lanjut ke part #2. Menentukan target pasar.
Kalau mau jualan tentu harus ada yang beli, dalam kasus ini, tidak sedikit orang orang yang pertama kali berbisnis menargetkan semua pasar, dalam artian, semua orang pokoknya harus beli produk saya. Nah, itu jelas tidak bisa. Dalam berbisnis, kita harus punya sasaran konsumen yang jelas, detail, dan tertulis, istilah kerennya, Segmentasi Pasar.

Dengan target yang jelas, kita bisa menyusun strategi penjualan yang akan saya bahas pada Part #3 Cara Keren Berbisnis. Ibarat bermain tembak tembakan, tentunya ga' asal nembakkan? pasti ada sasarannya, nah, kalau mau bisnisnya berhasil tentukan targetnya, tentukan kepada siapa kita akan menwarkan prodk atau jasa kita.

Contoh, Anda ingin memiliki usaha jual buku refrensi murah, dan target pasarnya adalah para mahasiswa yang merantau. Atau jual beli aksesories smartphone, sasarannya orang orang menengah atas yang menggunakan smartphone sebagai prestice. Dari contoh - contoh tersebut mungkin terbesit bagaimana cara menjualnya bukan? Coba kalau ga' jelas mau dijual kesiapa, yaa bakal kesusahaan mengejar pasar.

Bill Gates, walau dia sudah menguasai dunia dengan produknya, dia tetap menargetkan perusahaan dan kalangan elite yang menggunakan produknya. Karena Bill Gates merasa terlalu kaya untuk mempermasalahkan softwarenya yang dibajak. Hahaha, oke, itu cuma joke saja.

Demikian artikel dari saya. Bila ada masukan silahkan langsung komen, mau konsultasi secara pribadi, langsung hubungi ke email saya, mau jadi teman di FB silahkan (hubungi lewat email dulu), mau follow saya monggo, nanti saya langsung follback. Sampai ketemu di Part #3! ;)

Komentar