MIliki 5 Hal ini Untuk Menjadi Pengusaha

Menjadi pengusaha adalah sebuah pilihan, bukan cadangan atau karena keterpaksaan. Kenapa? Jika kita menjadi pengusaha karena memilihnya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab maka insyaAllah kita tidak mudah goyah dalam menjalani prosesnya.

Mungkin sering Anda memperhatikan orang orang yang suka berganti ganti bisnis atau model usaha. Bulan ini jualan kosmetik, bulan berikutnya jualan nasi goreng, bulan berikutnya malah bekerja diperusahaan swasta. Mungkin itu juga terjadi pada Anda. Yaa, itu karena menjadikan bisnis atau berwirausaha sebagai cadangan atau hal yang dilakukan karena terpaksa.

Untuk menjadi pengusaha diperlukan pondasi mindset yang kuat, agar tidak mudah terayu dengan bisnis lain atau hal hal yang menurut Anda menggiurkan. Berikut 5 hal yang harus Anda pahami agar bisa menjadi Pengusaha tulen:

  1. Reason : Miliki Alasan Yang Jelas Untuk apa Anda menjadi pengusaha?
    Pastikan alasan tersebut logis dan bisa dipertanggung jawabkan. Alasan yang baik untuk menjadi pengusaha adalah dimana alasan tersebut bisa dinikmati juga oleh orang lain atau lingkungan Anda. Bukan sekedar mengejar materi, tapi perhatikan juga spiritual maupun kehidupan sosial. Dengan demikian ada potensi lingkungan Anda akan membantu perkembangan Bisnis atau usaha yang Anda jalankan.
  2. Dream : Tulis dan Visualisasikan Detail Impian Anda
    Ingin seperti apa bisnis Anda 5 sampai 10 tahun kedepan? Atau bagaimana perubahan hidup Anda ketika bisnis tersebut mencapai keberhasilannya? Tuliskan, visualisasikan serta dideklarasikan. Berprasangka baiklah dengan masa depan Anda, tidak ada yang perlu dikhawatirkan apakah akan tercapai atau tidak, tugas kita cukup berdo’a kepada Yang Maha Pengasih apa yang kita impikan, urusan bagaimana mencapainya serahkan padaNya.
  3. Believe : Yakinlah Bahwa Anda Segera Menerima Keberhasilan
    Tuhan adalah Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, selama kita berada dijalurnya, tak perlu khawatir dengan kondisi kita saat ini. Yakin bukan sekedar lisan, perlu dibuktikan dengan tindakan. Jika Anda yakin bahwa Anda bisa sukses, apa yang Akan dilakukan?
  4. Passion : Temukan Hal Yang Membuat Anda “Fly”Pernah melihat bagaiman seseorang yang bekerja dengan sepenuh hati? Sampai mereka lupa dengan dirinya sendiri? Mereka sedang berada pada jalur passion, atau “kegairahan”. Setiap dari kita pasti memiliki hal hal yang membuat kita seperti itu. Pastikan hal tersebut diikutkan dalam kegiatan bisnis. Misal Anda berbisnis makanan, dan memiliki passion menulis, mungkin Anda bisa membuat blog tentang makanan? Padukan Passion dengan bisnis Anda.
  5. Persistance : Nikmati ProsesnyaKeberhasilan tidak bisa instan, hari ini kita berbisnis, besok langsung berpenghasilan miliaran rupiah. Kecuali Anda korupsi atau menikah dengan orang kaya. Bisnis memang tidak mudah, perlu perjuangan diawalnya, namun ketika sudah mencapai titiknya maka hidup Anda dipastikan berubah.

Tetaplah bertahan dan istiqomah dalam menjalani prosesnya. Pastikan kelima hal tersebut (reason, dream, believe, passion, dan persistance) Anda jalankan. Apabila bisnis Anda tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, cek kembali 5 hal tersebut, jika ada yang menyimpang baik dari bisnis atau salah satu poin tersebut segera dibenahi.

Komentar