Part #1 Menentukan Produk Yang Akan Dijual


ini merupakan bagian dari "Persiapan Awal Berbisnis atau Berwirausaha", monggo mampir ke artikel tersebut

biar nyambung sama yang ini. okeh!?

Sip! Biasanya ini nih yang bikin calon pengusaha bingung mau bisnis apa, menentukan apa yang mau dijual.



Banyak teman saya yang selalu mengucapkan hal ini, "Za, aku mau berbisnis nih, tapi aku bingung mau bisnis apa?". Apakah Anda termasuk golongannya? kalau ya, baca sampai habis! hehehe

Menentukan apa yang akan dijual pada umumnya mulai dari hobi, ada yang karena peluang, ada juga yang kerena melihat hasil yang menggiurkan, dan taukah Anda? rata rata orang yang berhasil mulai dari hobi mereka. Ayo, apakah ada penyanyi atau band nasional ataupun internasional yang ga' punya hobi menyanyi atau mendengarkan lagu? pasti mereka punya! okeh, kalau mau tau potensi hobi, Anda bisa melirik artikel saya yang satu ini. monggo... ;)

Back to Selling. Anda hobi masak? bisnis kuliner aja, Anda hobi musik, ayo ke band atau bisnis jual alat musik atau DVD/CD musik, hobi gambar? bisnis lukisan atau karikatur juga boleh tu. Oia, kalau bisa, keluarkan ide sekreatif mungkin, terlepas dari adanya modal (uang) atau keterbatasan diri. Kalau mau bisnis ga' boleh di batasi idenya. nih baca: Ide Gila, Bisnis Gila, Omzet Gila.

Dan saran saya (ini juga saran dari pengusaha besar lain) jangan ikuti arus, dan jangan jadi penjual musiman kalau mau sukses. Musim duren, semua jualan dureen, mau tahun baru, semua jualan kembang api dan
trompet, mau lebaran, semua jualan kolak. Sah sah aja buat mereka yang sekedar mencari sesuap nasi, kalau mau sukses jual yang paten! oke?

Produk yang dijual ada 2 jenis, berupa jasa atau barang, kalau masi sekolah atau kuliah, mungkin bisa memilih jual beli, karena tidak terlalu menyita banyak waktu, tapi kalau memang minat di jasa ya monggo. Produk juga harus jelas, namanya apa, jenisnya apa, karakteristiknya bagaimana. Garuda Food, yang produknya berjenis camilan, salah satunya kacang kulit, nah, jelas! Microsoft, yang produknya berjenis software, salah satunya pengolah kata, yaiut MS. Word, jelas! Paham paham?

Kalau ada yang masih ambigu atau masi bingung mau jualan apa, bisa komen di bawah, atau kalau mau secara pribadi, bisa email saya di riza.bahasuan@gmail.com. yang bersifa pribadi, rahasia dijamin. hehehe

Ini ada studi kasus (dialog saya dan teman), mungkin bisa jadi inspirasi:

A: kak, saya mau bisnis nih, tapi bingung mau jual apa?
B: punya hobi? apa hobinya?
A: punya, fotografi.
B: masi sekolahkan? kalau bisa bisnisnya jangan yang menyita banyak waktu, seperti nerimaa job foto, atau  membuat studio foto, karena masih sekolah, pilih yang tidak menyita banyak waktu, jual beli misalnya.
A: wah, boleh tu kak, kira kira jual apa ya?
B: jual aksesoris kamera misalnya. kamu bisa cari suplier aksesoris kamera. Aksesoris yang di jual harus spesifik dan jelas. Kalu bisa di kategorikan, misal jual berbagai lensa kamera, tas kamera, gadget pendukung, dan sebagainya. Nah, sekarang, kamu tentuin deh mau jual apa. nanti baru hubugin lagi. oke?

Komentar