Membuat Buletin/Majalah

Buletin atau majalah yang berperan sebagai media promosi atau publikasi tentunya harus di tata sebaik mungkin agar menarik minat pembaca. Cara membuat buletin yang saya jelaskan bukanlah hal yang baku, namun Anda dapat menjadikan cara-cara ini sebagai refrensi.

Pertama, yang sebaiknya dilakukan adalah
mentukan target pembaca. Menargetkan siapa pembaca buletin Anda, akan mempermudah Anda bagaimana isi artikel, desain artikel, dan lain lain sesuai dengan keadaan target. Dalam menentukan target pembaca, Anda tidak dapat menargetkat seluruh orang ata masyarakat, sebaiknya ditentukan sespesifik mungkin. Misal, target pembaca adalah penduduk daerah Denpasar yang berumur diatas 16 tahun yang duduk di bangku SMA. Nah, dengan demikian tentunya Anda dapat dengan mudah menentukan kira-kira rubrik apa yang akan Anda sajikan ke mereka.

Berikutnya, apabila target sudah ditentukan, cari, kumpulkan, atau buat artikel yang sesuai dengan pembaca. Tidak mungkin Anda membuat artikel tentang tips ibu hamil yang pembacanya anak usia TK bukan? Artikel berupa informasi terbaru lebih diminati oleh pembaca. Artikel sebaiknya tidak berupa copy-paste, agar buletin Anda terlihat lebih profesional . Gunakan bahasa yang nyaman, sesuai dengan keadaan pembaca.

Ketiga, membuat desain layout. Sama seperti menentukan artikel, mendesain layout buletin tidak bisa dilakukan sembarangan. Desain layout sebaiknya sesuai dengan keadaan pembaca. Warna, posisi artikel, gambar, font dan arah baca disesuaikan dengan pembaca. Apakah Anda akan membuat buletin dengan warna pink dengan gambar teddy bear kepada pembaca manula? Mungkin, jika Anda ingin menghibur mereka. :-)

Terakhir adalah publikasi atau penyebaran buletin. Buletin bisa disebarkan melalui teman, menitipkan ke warung, toko, kantor, dan sebagainya. Yang penting target Anda dapat membaca buletinnya.

Nah, semoga cara yang saya berikan bermanfaat dan buletin yang Anda terbitkan berhasil menarik banyak pembaca. ^.^

2 komentar:

  1. Makasih infonya, saya jadikan tambahan referensi untuk mengisi pelatihan jurnalistik.
    Kunjungi blog saya juga, ya!
    www.feraandriani.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan senang hati...
      semoga semoga sukses dan bermanfaat bagi yang mengikuti pelatihan jurnalistiknya...
      :D

      Hapus